Menu Tutup

5 Siasat Ciptakan Rumah Anti Maling

 

5 Siasat Ciptakan Rumah Anti Maling. Semakin canggihnya modus perampokan mengharuskan Anda untuk kian kreatif dalam membangun sistem keamanan rumah. Rumah harus terjaga keamanannya baik saat ditinggal dalam keadaan kosong maupun saat Anda berada di dalamnya melakukan ragam aktivitas bersama keluarga. Meski sekarang terdapat banyak perangkat keamanan berteknologi canggih, tapi untuk menjaga rumah tetap aman, penggunaan teknologi harus dibarengi dengan sejumlah tindakan pencegahan. Dengan begitu, apa pun upaya yang dilakukan pencuri akan sulit nantinya untuk menembus sistem keamanan rumah. Bagaimana langkah menciptakan sistem keamanan rumah yang baik? Berikut siasatnya :

  1. Gunakan Sistem Kunci Ganda

Area akses memegang peranan penting dalam sistem keamanan rumah. Rumah yang terkunci oleh satu perangkat saja akan lebih rentan dimasuki pencuri. Sebagian besar pencuri tak ingin menghabiskan waktu hanya untuk membobol pintu yang tertutup oleh kunci dan gembok. Maka sistem kunci ganda akan lebih meningkatkan keamanan rumah. Sama halnya dengan pintu, jendela juga bisa menjadi jalur akses untuk pencuri masuk. Oleh karena itu, selain tak lupa mengunci, terapkan juga sistem kunci ganda pada bagian jendela dengan memasang teralis di bagian dalamnya. Saat meninggalkan rumah bawalah setiap kunci, jangan pernah menyembunyikannya di kursi teras atau furnitur teras lainnya.

  1. Pasang Teknologi Pemantau

Manfaatkanlah alat bantu untuk memastikan keamanan rumah selalu terjaga. Sekarang ini terdapat begitu banyak teknologi yang dapat menyempurnakan sistem keamanan rumah. Alarm dan kunci otomatis bisa dipasang di setiap jalur akses, sementara kamera CCTV dapat dipasang di setiap sudut yang menyorot ruangan secara menyeluruh. Saat ini teknologi pemantau sudah begitu pintar dan canggih sehingga penggunaannya pun bisa Anda pantau melalui gawai. Anda tidak perlu lagi khawatir saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, keadaan rumah bisa dimonitor langsung dari jauh.

  1. Jangan Memajang Barang Berharga dengan Jelas

Perhatikan di mana Anda menyimpan barang-barang berharga selama ini. Anda mungkin tak akan meletakkan uang, gawai, dan perhiasan dekat jendela atau pintu. Tapi aksesori mewah seperti guci atau lampu kristal cukup untuk mengundang pencuri masuk, apalagi jika ditempatkan di dekat area akses. Agar isi rumah tidak terlihat jelas dari luar, Anda dapat menggunakan bahan tirai yang lebih tebal.

  1. Optimalkan Sistem Penerangan

Jangan biarkan eksterior rumah terlihat gelap di malam hari. Kegelapan akan mempermudah terjadinya aksi pencurian. Sistem pencahayaan yang digunakan juga tak bisa sembarangan, Anda harus memasang lampu di titik dan sudut gelap yang kemungkinan bisa diakses pencuri. Jika ingin lebih menghemat energi Anda dapat menggunakan lampu pintar yang hanya aktif saat mendeteksi keberadaan orang. Dengan teknologi sensornya, pencuri yang hendak masuk ke rumah juga dapat terkecoh.

  1. Berhati-hati Menyebarluaskan Informasi Secara “Online”

Khusus bagi Anda yang memiliki properti untuk bisnis sewa atau jual-beli, sudah sepatutnya meningkatkan sistem keamanan dengan lebih baik. Jenis properti ini lebih rawan terkena aksi pencurian. Pencuri dapat merancang aksi perampokkan dengan memanfaatkan foto, video, dan informasi lain tentang properti Anda yang bisa diakses secara online. Agar semakin terpantau, jangan ragu meminta bantuan tetangga untuk mengawasi keamanan properti Anda. Jika tak ingin rumah kemalingan, apalagi sampai harus kehilangan barang berharga, ada baiknya menerapkan sistem keamanan dan tindakan preventif seperti di atas. Yang terpenting bukanlah seberapa tinggi dan kuat pagar yang melindungi rumah Anda, tapi seberapa pintar sistem keamanan tersebut sehingga bisa mengelabui pencuri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *