Menu Tutup

Tips Mandiri Untuk Memperbaiki Pintu Harmonika

Tips Mandiri Untuk Memperbaiki Pintu Harmonika. Pintu harmonika rusak kenapa harus bingung. Sebenarnya anda bisa memperbaiki sendiri pintu harmonika yang rusak. Berikut ini kami beritahukan cara memperbaiki pintu harmonika yang rusak :

1.  Silinder kunci

Silinder kunci yang sudah haus / sulit berputar lagi. Anda dapat membuka silinder kunci dengan memakai obeng dan mengganti dengan silinder kunci baru yang dapat Anda beli di toko pintu harmonika atau toko bangunan atau supermarket yang menjual silinder.

2. Garpu kunci

Adalah besi berbentuk seperti anak panah yang berfungsi mengunci bagian pintu ketika dibuka. Letak garpu kunci biasanya sejajar dengan silinder kunci dan di paling ujung (dekat tiang/tembok). Garpu kunci sering kali miring keluar sampai keluar UNP atau menembus daun kemungkinan besar karena pada saat membuka pintu kurang lurus, apabila ini terjadi jangan didiamkan saja, tutup kembali pintu, luruskan garpu kunci dan buka kembali pintu. Jangan sampai karena garpu kunci, pintu Anda menjadi rusak parah.

3. Silangan pintu

Karet – karet silangan pintu keluar dan berjatuhan karena silangan pintu keluar dari besi panjang UNP. Jika hal ini terjadi, jangan didiamkan, Anda dapat memasukan kembali silangan yang keluar jalur dengan memakai obeng/besi 12 panjang 30 cm agar masuk silangan ke dalam kembali. Apabila silangan pintu yang keluar jalur didiamkan secara terus menerus dapat mengakibatkan silangan bengkok dan jangka panjangnya pintu menjadi sulit dibuka. Alternatif lainnya adalah mengganti silangan pintu Anda ke yang tebal sehingga tidak mudah bengkok.

4. Cat pintu yang pudar

Sering sekali cat pintu pintu harmonica yang pudar karena pengaruh iklim. Mengecat pintu tidak harus memakai jasa tukang, Anda dapat melakukan sendiri dengan memakai cat besi, thinner dan kuas cat pilihan Anda. Hasilnya lebih memuaskan dan tentunya tidak perlu mengeluarkan ekstra uang untuk jasa cat. Anda bisa membeli di toko perlengkapan pintu harmonika atau toko bangunan maupun supermarket yang menjual keperluan tersebut

5. Bearing pintu

Hal penting lainnya dalam sebuah pintu harmonika tentu adalah bearing pintu. Apabila bearing pintu aus, menyebabkan pintu sulit untuk dibuka. Salah satu cara untuk menjaga agar bearing pintu tetap lancar adalah dengan mengoleskan oli di bearing pintu.

6. Rel pintu

Beberapa kali saya menjumpai pintu harmonika masih bagus namun tidak bisa lancar pada saat dibuka dan ditutup dan masalah tersebut karena rel pintunya terdapat banyak kotoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *