Menu Tutup

Apa itu desain Interior?

desain interior

PENGERTIAN DASAR DESAIN INTERIOR

desain interior

Desain rumah interior merupakan suatu rancangan yang dibangun melalui pengembangan dan pembinaan lingkungan,baik fisik maupun non fisik. Ada beberapa jenis perancangan interior, berikut ini penjelasannya :

  1. Perancangan interior permanen, perancangan desain interior yang bersifat tetap mulai dari membangun ruangan, detail, perspektif , lay out, serta teknis presentasi lainnya.
  2. Perancangan interior moveable (Bergerak), perancangan desain interior yang bersifat barang meliputi desain furniture, desain landscape interior dan karya tangan yang lainnya.
  3. Perancangan decoratif, perancangan yang bersifat memperindah atau menghias ruangan. Meliputi karangan bunga, tanaman hias, pita, pamflet, dll.

Tujuan dari perancangan desain interior adalah sebagai berikut :

  1. Agar dapat menciptakan lingkungan yang dapat menunjang kenyamanan dalam beraktivitas dalam ruangan
  2. Desain yang menyelaraskan semua hal yang berkaitan dengan bentuk, warna, maupun tekstur dari barang atau lingkungan sekitar.
  3. Disesuaikan dengan iklim atau cuaca yang terjadi.
  4. Dalam melakukan pengembangan desain bagian rumah harus memiliki kreativitas. maksudnya kita harus dapat melakukan improvisasi. Melakukan sesuatu yang berbeda dan tidak monoton dan dapat menimbulkan rasa bosan.

Ada juga beberapa elemen pembentuk Interior diantaranya :

  1. Plafond: penutup atau atap dari interior yang berada paling atas sebagai penutup ruang
  2. Dinding: Bagian interior yang posisinya mengelilingi atau membentuk sebuah ruangan sebagai pembatas ruang.
  3. Lantai: bagian paling bawas atau dasar yaitu sebagai alas bagi ruang itu sendiri.

 

Ada tujuh prinsip dasar yang dimiliki dalam interior design diantaranya :

  1. Unity and Harmony

Yang artinya semua elemen dapat saling melengkapi dan selaras satu dengan yang lain dan menghasilkan komposisi yang seimbang.

  1. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan berarti tidak berat salah satunya atau terlalu condong ke hal lain. Sehingga dapat menciptakan unity and harmony.

  1. Vocal Point

Vocal Point ialah suatu aksen atau penarik perhatian sehingga dapat menjadikan daya tarik dari sebuah ruagan. Biasanya merupakan desain interior dekoratif maupun yang bersifat tetap.

  1. Ritme

Ritme merupakan pola, ritme didefinisikan sebagai pergerakan yang terorganisir dan berkesinambungan.

 

  1. Detail

Detail yang mencakup dari kelengkapan furniture atau aset pendukung dalam ruangan. Hal tersebut dapat berpengaruh pada suasana yang tercipta.

  1. Skala dan Proporsi

Skala dan proporsi merupakan suatu prinsip yang tidak bisa dilepaskan karena saling beriringan dan terhubung. Prinsip ini juga dapat menciptakan kenyamanan civitas didalam ruangan.

 

  1. Warna

Warna juga berpengaruh besar dalam penciptaan suasana ruangan, Termasuk mood serta kenyamanan. Warna yang soft atau tidak mencolok dapat menciptakan ketenangan daam ruangan dan warna cerah dapat memberikan suasana menyegarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *