Menu Tutup

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PINTU HARMONIKA

pintu harmonika

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PINTU HARMONIKA

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PINTU HARMONIKA – Setiap bahan konstruksi memiliki kelebihan dan kekurangan masing –  masing dalam menjadi bagian komponen dari sebuah gedung, begitu dengan kelebihan dan kekurangan pintu harmonika. Lantas apa itu pintu harmonika? Bagaimana bentuknya? Dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari pintu harmonika? Pembahasan ini akan dijelaskan dalam beberapa topik bagian bagian:

Apa itu pintu harmonika?

Pintu harmonika merupakan pintu yang terdiri dari beberapa material yang sangat keras tetapi bersifat fleksibel yang memiliki pola zig- zag untuk menjadikan jalur masuk dan keluar dari sebuah gedung memiliki keamanan yang sangat kuat. Selain menjadikan gedung memiliki keamanan yang sangat kuat dan terjamin, pintu harmonika terdiri dari berbagai jenis model, warna dan ukurannya sehingga membuat para desain gedung menjadi leluasa dalam menambah nilai seni bangunan melalui pintu harmonika. Beberapa material yang sering di padukan dalam    pemasangan pintu harmonika yaitu mencakup:

  1. Slat daun merupakan daun pintu harmonika yang terdiri dari besi yang memiliki berbagai macam ketebalan. Semakin teebal slat daun harmonika, maka semakin bagus kualitas dari pintu harmonika yang dimiliki.
  2. UNP, yang berfungsi untuk memperkuat dan menyeimbangi kekuatan daun pintu harmonika. Semakin tebal daun pintu harmonika, sebakin tebal pula UNP-nya
  3. Roda yang berfungsi untuk melancarkan system buka tutup pintu harmonika.
  4. Pelatul, berperan penting sebagai pengunci pintu yang memberikan keamanan ekstra.
  5. Rel, berfungsi sebagai jalur roda pintu harmonika yang terdiri dari 2 jenis, yaitu rel tanam atau rel menonjol.
  6. Power lock, berperan penting sebagai gembok pintu harmonika yang terbuat dari besi yang cukup kut dan kokoh.
  7. Cat, memperindah tampak pintu harmonika dengan penggunaan cat yang berkualitas yang terdiri dari cat meni sebagai caat warna sesuai dengan keinginan.

 pintu harmonika

Kelebihan dan kekurangan dari pintu harmonika

Tidak jauh dari pembahasan awal tadi yaitu pintu harmonika, pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan pintu harmonika juga akan di bahas pada pembahasan berikut:

 

Kelebihan dari pintu harmonika

  • Lebih Murah Dibandingkan Folding Gate

Banyak yang salah pemahaman yang menyatakan bahwa folding gate dan pintu harmonika merupakan satu benda yang sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Folding Gate memiliki galaran yang menyerupai harmonika, namun dia juga memiliki daun pintu yang menutupi di bagian depan. Sehingga orang tidak dapat melihat ke bagian dalam bangunan. Berbeda sekali dengan harmonika yang tidak memiliki daun pintu di bagian depannya. Alhasil orang-orang masih bisa melihat bagian dalam dari bangunan. Dari desainnya saja kita bisa mengetahui, jika folding gate memiliki harga yang lebih mahal ketimbang harmonika.

  • Lebih Awet

Sama seperti folding gate, pintu harmonika juga terbuat dari bahan yang kuat, yaitu besi dan aluminium. Kedua bahan ini dinilai lebih tahan guncangan dan juga memiliki usia pemakaian yang lumayan awet. Meski begitu, kedua bahan ini masih memiliki faktor lain yang membuatnya tidak mudah bertahan lama, yaitu faktor cuaca penyebab korosi. Untuk itu, anda yang memiliki pintu yang terbuat dari besi harus melakukan perawatan secara rutin. Seperti mengecat badan pintu beberapa bulan sekali untuk mencegah korosi.

  • Anti Maling

Folding gate dan pintu harmonika, keduanya kebanyakan dijadikan bukaan untuk bangunan yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan barang berharga seperti toko emas, toko sembako, hingga gudang distributor. Harmonika sendiri juga mengambil peran untuk menjadi sekat di lobi sekolah, bukaan pada bengkel hingga sekat ruangan kantor dengan tujuan untuk meminimalisir resiko kejadian tak terduga seperti perampokan dan sebagainya. Hal ini mungkin dikarenakan akibat desain kedua pintu ini yang sangat kokoh dan susah untuk diretas pihak kejahatan. Jadi bolehlah kita menjuluki kedua jenis pintu ini sebagai pintu anti maling ya.

  • Memiliki Nilai Estetika

Selain digunakan untuk bukaan pada bangunan-bangunan penting, ternyata pintu harmonika juga bisa gunakan sebagai desain interior yang apik. Dalam seni bangunan rumah sendiri, pintu ini juga sering digunakan untuk bukaan pada bagian garasi mobil. dengan jenis ukiran yang unik dan juga menarik, terkadang banyak juga yang menggunakan pintu geser ini sebagai penghias dan pengaman pintu utama. Untuk mendapatkan finishing dan nilai estetika yang maksimal, orang-orang sengaja membuat daun pintu dengan kaca transparan, sehingga akan tampak jelas ukiran yang terbentuk dari pintu besi tersebut dari luar.

  • Memiliki daya tahan yang kokoh

Dibandingkan dengan pintu pintu yang lain pintu harmonika memiliki daya tahan yang sangat kuat dan kokoh karena dari bahan yang terbuat dari besi dan baja yang dimana membuat pintu harmonika ini sangat unggul dibandingkan dengan pintu lain. Pintu ini cocok diletakan di ruko toko dan kantor agar lebih aman dan anda tidak perlu risau da tidak terlalu memikirkannya.

 

Kekurangan Pintu Harmonika

  1. Membutuhkan tukang spesialis harmonika pada pengerjaan dan pemasangannya agar tidak dapat menimbulkan kerusakan dikemudian hari.
  2. Membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi. Kerusakan yang mungkin terjadi akibat kurangnya perawatan dengan tidak memberi Vet atau oli pelumas di bagian rel atau mungkin kerusakan jenis lainnya.
  3. Ukuran tinggi maksimal yang disarankan pada penggunaan pintu harmonika yaitu hanya setinggi 2.5 meter.
  4. Pengerjaannya memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan jenis pintu lainnya
  5. Membuat anggaran pembangunan menjadi lebih naik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *