Cara Perawatan Pintu Harmonika -
Menu Tutup

Cara Perawatan Pintu Harmonika

 

Cara Perawatan Pintu Harmonika

Pintu Harmonika adalah jenis pintu besi lipat yang terdiri dari rangkaian rangka plat besi strip vertikal dan dikaitkan oleh rangka diagonal atau silangan yang satu dengan yang lainnya.

Sekarang tidak sedikit produsen yang membuat dan merakit Pintu Harmonika dalam berbagai macam kualitas,mulai dari kualitas yang ekonomis hingga kualitas yang bagus.

Untuk mensiasati agar Pintu Harmonika yang kita miliki bisa bertahan lama dan awet maka salah satu caranya adalah kita harus merawat secara rutin dan baik.

Di Bawah ini kami akan membagikan beberapa cara untuk merawat Pintu Harmonika agar tetap berfungsi dengan baik.

  1. Memberi Pelumas

Merawat Pintu Harmonika agar tetap mudah dan tidak seret saat dibuka dan ditutup adalah dengan cara memberi pelumas secara rutin di beberapa bagian diantaranya Bagian roda ,Bagian rangkaian silangan ,dan pelumasan Slate rangka. Yang perlu diingat bahwa pelumas yang digunakan adalah cairan Solar bukan Oli atau cairan lain karena Solar cenderung bias membersihkan korosi dan kotoran sekaligus bisa menjadikan permukaan licin, akan tetapi cairan Oli bisa menimbulkan kotoran dan debu menempel.

  1. Membersihkan Kotoran dan kerikil

Rajin membersihkan Kotoran dan Kerikil di bagian rel bawah agar

roda bisa berjalan lancar.

 

  1. Mencegah agar Tidak Macet

Mencegah Pintu Harmonika agar tidak macet dan roda tidak keluar dari rel bawah pada saat mau ditutup harap memperhatikan gerendel bawah dan atas harus sudah mengunci terlebih dahulu baru ditarik untuk menutup Pintu Harmonika.

  1. Jangan dipaksa Membuka,Jika Pintu terasa Berat

Disaat Pintu Harmonika akan dibuka dan ditutup terasa Berat atau terasa Mendal sebaiknya jangan diteruskan, berhentilah sejenak perhatikan di bagian rel bawah mungkin ada yang mengganjal berupa kerikil kecil atau barang-barang yang lain kemungkinan jadi pengganjal roda. Jika kondisi seperti ini bisa segera dikonsulltasikan kepada Teknisi Pintu.

  1. Jangan Biarkan Kerusakan Pintu

Jangan biarkan kerusakan Pintu Harmonika dianggap sepele atau tidak segera tertangani. Semakin lama membiarkan kerusakan yang biasa akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi.

 

Demikian Di atas adalah beberapa Cara Merawat Pintu Harmonika. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *