Menu Tutup

Pintu Harmonika dan Cara Perawatanya

Merawat Pintu Harmonika

Kita tentu tidak asing dengan Pintu Harmonika ini, atau yang biasa disebut dengan folding gate. Folding Gate adalah salah satu dari ribuan jenis Folding Gate yang menggunakan bahan dasar besi, bahan besi tersebut disatukan sehingga menjadi Gate yang dapat dilipat. Folding Gate banyak digunakan untuk keamanan rumah maupun toko. Nah untuk menjaga kualitas Folding Gate kamu, intip tipsnya berikut ini.

Tips MerawatFoding Gate

1. Bersihkan Engsel PIntu

Cara kerja dari folding gate adalah dengan melipatnya kesamping, menggunakan bantuan sebuah roda. Karena cara kerjanya tersebut, tentu pintu atau gerbang tidak akan bias tertutup sempurna jika terdapat kotoran yang mengganjal pada setiap engselnya. Pastikan untuk selalu rutin membersihkan engsel setiap folding gate dari kotoran debu maupun kotoran apapun.

2. Pastikan Swing Rell Telah Lurus

Ketika menutup pintu gerbang harmonika, pastikan swing pintu telah terkunci pada tempatnya. Selain itu kamu juga perlu memastikan bahwa swing  pada bagian atas dan bawah telah lurus dan tepat. Apabila swing sedikit keluar dari rell induknya, segera lakukan perbaikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya lecet atau gerbang harmonika yang  rusak akibat perlakuan membuka dan menutup pintu secara paksa.

Setelah itu pastikan pula bahwa rel pintu harmonica selalu bersih dari kotoran. Berbagai kotoran yang mungkin mengganjal seperti debu, kerikil hingga batu batu kecil dapat menghambat jalannya folding gate .Cek kebersihan rel ini minimal satu bulan sekali, agar jalannya roda folding gate terus lancar.

3. Pemberian Pelumas

Pada dasarnya folding gate menggunakan roda untuk bergerak menutup maupun membuka. Oleh karena itu yang paling berpengaruh adalah lancarnaya pergerakan folding gate ini. Agar pergerakan folding gate selalu lancer dan tidak menimbulkan bunyi yang menyakitkan, berikan pelumas pada beberapa bagiannya.

Oleskan pelumas pada bagian rel, roda, dan engsel folding gate.Pemberian pelumas ini pun dapat dilakukan minimal 1 bulan sekali.Tidak perlu membeli olli yang baru untuk memberikan pelumas pada folding gate, kamu dapat memberikan oli bekas karena pada dasarnya pemberian oli ini hanya untuk melancarkan pergerakan folding gate.

Foling Gate saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, bentuknya yang besar serta bahannya yang kuat membuat folding gate dipilih untuk memberikan keamananbagi rumah maupuntoko. Merawat Folding gate, tentu tidak semudah merawat pintu pada umumnya. Apabila kamu merawat folding gate dengan benar, jangka pakai gerbang harmonica ini pun dapat semakin lama. beberapa Pintu yang Lainya cek Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *