cara memelihara pintu agar awet 2019 -
Menu Tutup

cara memelihara pintu agar awet 2019

cara memelihara pintu agar awet 2019

 

Meskipun harga pintu lipat PVC atau kusen dari material lain cukup terjangkau, tetapi ada beberapa rumah yang memilih untuk tidak menggunakannya. Sebab, mereka lebih suka jika jendela ataupun pintu rumah mereka tidak menggunakan kusen. Apalagi, bagi rumah yang menggunakan jendela atau pintu dengan sistem buka geser. Biasanya, kusen tidak dibutuhkan untuk rumah seperti ini.

Yap, pintu atau jendela dengan model seperti ini memang cukup tren di kalangan masyarakat. Alasannya cukup beragam. Ada yang menggunakannya karena ingin rumahnya menyerupai rumah ala Jepang, tetapi ada juga yang memilih model ini karena lebih menghemat tempat. Sehingga sangat sesuai untuk rumah yang berukuran cukup kecil.

cara memelihara pintu agar awet 2019
Merawat pintu dan jendela geser

Sayangnya, model seperti ini sering kali lebih mudah rusak dibandingkan dengan model buka tutup biasa. Akibatnya, membuat kita kesal saat tiba-tiba macet, khususnya jika kita sedang terburu-buru. Nah, untuk Anda yang tertarik menggunakan model pintu atau jendela seperti ini tetapi takut cepat rusak, sebenarnya ada cara untuk mencegahnya, loh! Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa cara merawat adar pintu dan jendela geser lebih awet: (Source: media.rooang.com)

  • Bersihkan railing secara berkala

Railing merupakan komponen penting pada pintu dan jendela model ini. Railing yang tidak terjaga kebersihannya akan membuat pintu atau jendela macet saat digeserkan. Kotoran yang ada pada railing bisa terdiri dari debu, karat, dan kotoran kecil lainnya. Jika model railingnya terbuka, maka akan jauh lebih mudah untuk dibersihkan. Namun, jika modelnya tertutup, maka diperlukan keahlian khusus karena harus sedikit membongkar pintu tersebut. Untuk membersihkan railing dari karat, Anda bisa coba menggunakan baking soda dan lemon layaknya membersihkan bak cuci piring agar tampak seperti baru lagi.

  • Periksa roda

Selain railing, roda juga menjadi penentu lancarnya pergeseran pintu atau jendela. Apalagi jika Anda menggunakan pintu atau jendela dengan sistem gantung, di mana hanya terdapat railing pada bagian atas. Untuk model tersebut, Anda harus memastikan bahwa roda cukup kuat untuk menahan beban pintu.

  • Gunakan busa penahan

Pintu atau jendela geser yang masih bagus biasanya akan sangat mudah digeserkan. Bahkan, seringkali membuat kita kebablasan saat menutup hingga akhirnya menabrak ujung frame dengan keras. Akibatnya, terdengar bunyi yang keras dan juga akan merusak frame jika terlalu sering. Untuk mengatasinya, kita bisa memasang busa penahan pada ujung frame, sehingga benturan dapat teredam.

Nah, tidak sulit kan merawat pintu atau jendela geser? Jadi, tidak perlu takut jika memang tertarik menggunakan model tersebut untuk rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *