6 Cara Sederhana Untuk Mengamankan Rumah Anda
Menu Tutup

6 Cara Sederhana Untuk Mengamankan Rumah

Rumah adalah hal terpenting yang harus kita jaga secara cermat. Agar Keamanan rumah selalu terjaga dengan baik, maka sebaiknya kita harus menerapkan cara atau sistem untuk mempertahankan keamanan rumah. Berikut adalah 6 Cara Sederhana Untuk Mengamankan Rumah.

  1. Selalu Kunci Pintu dan Jendela

Mengunci Pintu dan Jendela adalah cara utama yang paling sederhana untuk mengamankan rumah anda. Anda juga dapat menerapkan sistem kunci otomatis yang terhubung pada sistem di ponsel anda.

Jika rumah anda menggunakan pintu geser, sebaiknya anda menggunakan kunci yang kuat serta engsel yang dapat mencegah pencuri memaksa membuka pintu. Kamu juga dapat memasang sensor yang akan aktif jika pintu dibuka secara paksa.

  1. Pasang Kamera CCTV atau Alarm

Memasang Kamera CCTV terkadang memerlukan budget yang lebih mahal untuk mengamankan Rumah Anda. Namun tidak ada ruginya jika memang anda menerapkan sistem ini di rumah anda.

Dikarenakan Kamera CCTV ini dapat anda kontrol lewat Ponsel anda ataupun Komputer yang anda miliki. Pasang CCTV di sekeliling Rumah seperti di sekitar Pagar Rumah, Di depan pintu rumah, Belakang Rumah atau Sekitar halaman dan di dalam rumah juga.

  1. Menjalin Sosialisasi yang Baik dengan Tetangga

Tetangga adalah Orang terdekat bagi kita jika sedang sendirian di rumah. Mereka adalah orang yang dapat menlong anda saat anda mengalami kebobolan ataupun pencurian di rumah anda.

Membangun sosialisasi yang tinggi adalah hal yang penting untuk sesame tetangga. Mereka juga dapat menjadi Mata dan telinga bagi Rumah anda saat anda memang tidak di rumah.

Menjaga Komunikasi antar tetangga sangatlah diperukan. Dengan begitu anda dapat memelihara hubungan yang baik pula. Dan jika anda sedang bepergian, anda tidak kesulitan untuk menitipkan rumah anda kepada tetangga sekitar rumah anda.

  1. Pasang Pagar Mengelilingi Rumah

Pagar adalah hal yang penting untuk keamanan rumah. Dengan membangun pagar di sekeliling rumah, dapat menyulitkan Penjahat yang ingin masuk rumah anda secara paksa.

Tetapi jika untuk orang yang memiliki rumah dalam kompleks perumahan, tips ini kurang berlaku. Karena dalam kompleks perumahan terdapat sistem keamanan seperti adanya petugas keamanan yang siap siaga 24 jam. Tetapi hal ini sebaiknya dilakukan juga untuk memperketat keamanan rumah anda.

 

  1. Pangkas Semak-semak sekitar Rumah

Semak-semak merupakan tempat yang tepat digunakan para pencuri untuk bersembunyi. Begitu pula dengan pohon besar. Kedua tempat ini menjadi tempat ‘teraman’ bagi pencuri untuk bersembunyi.

Potonglah Pohon yang menghalangi pandangan anda dari dalam rumah ke luar rumah. Merapikan sekitar rumah dengan memangkas semak-semak dapat mencegah trik penjahat untuk bersembunyi dibaik semak-semak atau pohon-pohon tersebut

 

  1. Buat Rumah Selalu Terlihat Terang

Pencuri atau penjahat lain, tidak suka berada di tempat yang terang, karena dapat menarik perhatian orang dan menyulitkaan pencuri untuk mengendap-endap masuk ke rumah anda. Entah sedang berada di rumah ataupun tidak, anda harus tetap membiarkan rumah ‘tampak’ terang dan ada orang di dalamnya.

Yaitu dengan cara meyalakan lampu teras atau halaman rumah. Dengan ini, pencuri akan berpikir dua kali untuk membobol rumah. Buatlah seoah-olah rumah anda tidak kosong. Kamu juga dapat memasang timer untuk mematikan lampu pada kondisi siang hari.

Nah, di atas adalah 6 Cara Sederhana Untuk Mengamankan Rumah. Perlu diingat untuk keamanan rumah harus diutamakan agar kehidupan di rumah kita selalu terasa Aman dan Nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *